Home > MS-Office > Memasukkan Video ke dalam Powerpoint dengan cepat dan mudah

Memasukkan Video ke dalam Powerpoint dengan cepat dan mudah

Bagi anda yang aktivitasnya selalu berhubungan dengan yang namanya presentasi, maka tulisan saya ini mungkin cocok dengan kebutuhan anda, seperti dengan judul diatas biasanya jika kita membuat presentasi tentunya akan lebih lengkap dengan ditambahkan file-file multimedia seperti music, video, animasi dll. Penambahan unsur-unsur ini akan lebih meyakinkan audience anda sehingga mereka akan selalu memperhatikan presentasi anda karena presentasi anda menarik dari segi isinya (konten) disamping itu dari cara anda membawakan presentasi itu disini saya akan coba jelaskan dengan menggunakan Office Powerpoint 2010, tapi ini juga bisa berlaku untuk Office Powerpoint 2007 dan Office Powerpoint 2003.

Untuk bisa menambahkan file multimedia seperti music dan video dapat dilakukan dengan cara:

  1. Insert | Video | Video From File seperti tampilan dibawah ini


  2. Tambahkan file video yang akan anda tambahkan, seperti tampilan berikut :

3. Anda bisa langsung melihat hasilnya dan langsung siap untuk digunakan

Muncul permasalahan!!!, langkah diatas itu hanya bisa jika format video yang digunakan adalah format-format video pada umumnya seperti : wmv, avi, mpeg, mpg, terus bagaimana jika kita ingin memasukkan format selain itu misal flv, flv (flash Video) adalah format video yang umum digunakan oleh situs-situs penyedia video diinternet misalnya : youtube, googlevideo, daily motion, yahoo dll. Untuk bisa menambahkan file flv ke dalam presentasi kita maka file flv itu harus terlebih dahulu kita ubah kedalam format video yang mendukung powerpoint seperti yang saya jelaskan diatas.

Untuk itu anda bisa menggunakan software Free FLV Converter, anda bisa download disini, dengan software ini anda bisa merubah file flv ke format video yang bisa mendukung powerpoint.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Setelah didownload, lakukan proses instalasi seperti biasanya
  2. Jika pada langkah akhir muncul kotak dialog seperti dibawah ini, anda bisa memilih indonesian (ini akan berpengaruh pada menu software tersebut akan diubah kedalam bahasa indonesia)


  3. Tekan OK
  4. Tampilan dari software Free FLV Converter seperti dibawah ini :


  5. Ternyata software ini tidak hanya untuk merubah file Flv ke format dalam powerpoint, tapi software ini sekaligus bisa berfungsi untuk melakukan pencarian file-file video di internet (dibutuhkan koneksi internet untuk ini).
  6. Contoh pencarian, disini akan saya masukkan keyword “komputer” maka akan keluar hasilnya seperti berikut :


  7. Selain melakukan pencarian anda bisa langsung mem-play atau menjalankan video yang dimaksud atau langsung download juga bisa asal dengan syarat centang dulu file yang dimaksud.
  8. Kembali ketopik inti pilih untuk konversi dari FLV atau konversi ke FLV


  9. Kita coba konversi dari FLV maka akan keluar kotak dialog seperti berikut


    Masukkan file yang akan dikonversi, tekan Open.

  10. Proses konversi akan dijalankan.


    Hasil konversinya biasanya terletak di Desktop, anda bisa merubah sendiri tempat konversinya, tekan konversi untuk mulai.

  11. Proses selesai, anda bisa mencoba lagi memasukkan video ke powerpoint seperti langkah saya diatas.
  12. Contoh hasil dari file yang sudah dikonversi


Proses selesai, anda sekarang bisa dengan mudah dan cepat merubah file flv ke dalam format yang cocok dengan powerpoint.

SELAMAT MENCOBA.

Categories: MS-Office Tags: ,
  1. richka
    19 November 2010 at 2:23 AM

    Thank you taz cara mudahnya, ini membantu sekali untuk tugaz presentasiku.

  2. 2 December 2010 at 12:08 AM

    Saya pengen animasi spiderman itu buat di blog wordpress gratisan saya. Kayanya jadi keren dech… bisakah anda memberikan kode yang bisa saya copy paste? dan dimanakah saya harus menempatkan hasil Copas tersebut? atas kebaikan anda saya ucapkan terima kasih….
    mohon konfirmasi ke email saya di TaufanAsti@yahoo.co.id.

  3. 28 February 2011 at 4:18 AM

    akhirnya bisa selasai tugas sekolah,,makasih kak…btw animasi spidermannya keren bangeettttt…

  4. Dra. I.Mufidah, M.Pd
    22 April 2011 at 8:24 AM

    Thx ilmunya, penasaran nih, jadi pingin nyoba!!!!

  5. 13 June 2011 at 12:56 AM

    Nice post gan,,thank’s,,langsung ke TKP gan,,

    Monggo mampir gan,,heehe

    http://www.hendrabalong.wordpress.com

  6. ady bahar
    12 August 2011 at 7:57 AM

    terima kasih baaaaaaaaaaaaanyaaaaaaaakk, atas bantuannya

  7. 10 September 2011 at 1:41 PM

    tenk’ssss

  8. imam
    18 October 2011 at 3:05 AM

    amazing,,, trims tambahan ilmunya,,

  9. 12 November 2011 at 11:50 AM

    kok di PPT saya suaranya gak ada

  10. adi
    19 November 2011 at 5:08 PM

    gan, sne mw tnya nih..
    ane pke office’10..bah ternyata powerpoint’y gbsa masukin musik, tpi aneh’y klo video bisa.
    tny2 temen, tnyta g cuma ane aja yg bgtu..mereka juga sama..kira2 apa’y yg salah ya?
    mohon bantuannya..thx b4

  11. 23 November 2011 at 4:52 PM

    Wooooooooooo, banyak banget amalan ilmunya, smoga banyak pahala. Amin

  12. 25 November 2011 at 3:00 PM

    MAKASIH ATAS INFONYA…

  13. 28 November 2011 at 6:41 AM

    thanks yo… ane mau pake ilmu ini untuk ngelamar pekerjaan… semoga ane di terima… mohon doa doa para agan agan… aamiin…….

  14. 29 December 2011 at 1:59 AM

    gan gue,, ada format video avi. tapi ko tetetp gabisa yah?? gmana tuh plis lah :)

    tapi kalo insertlagu malah bisa T_T, gmna tuh?

  15. edo alvideo
    18 January 2012 at 4:25 PM

    .full virus :P

  16. subandi
    2 March 2012 at 5:34 AM

    okkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  17. riyan
    22 March 2012 at 11:46 PM

    gan,ane mo nanya nih,setelah video ane masukan dan sudah bisa di play di ppt,tetapi saat file ppt tsb ane copy ke flash disk lalu ane coba buka di pc lain kok videonya gak bisa di play kenapa ya gan? mohon bantuannya thks

  18. ilham
    26 March 2012 at 3:32 PM

    saya setuju sama riyan bagaimana ya caranya biar bisa ke buka ke pc lain… mohon bantuannya gan…. thks

  19. 26 March 2012 at 3:34 PM

    saya setuju sama rian bagaimana ya caranya bisa ke buka vidio sama musicnya di pc lain, mohon bantuannya ……… thks

  20. 9 April 2012 at 2:58 AM

    wah info yang bagus.. pencerahan buat kt nih..makasih..

  21. 12 May 2012 at 8:45 AM

    Sudah mencoba, tetapi ketika saya masukkan ke dalam powerpoint yang muncul kotak hitam dan suaranya saja. bagaimana cara memunculkan gambarnya?

  22. susetyo
    7 June 2012 at 8:15 AM

    thanx gan, ni yang aku cari cari dah lama….!

  23. 19 June 2012 at 11:51 PM

    Gan kok filenya gak bisa kedownload sih??

  24. Daud Palelingan
    24 August 2012 at 11:21 PM

    Bagaimana caranya memasukkan tulisan stelah di power point?

  25. oza
    3 October 2012 at 12:06 PM

    Nice Info Gannnn !!!!!!!!!!!!! beruntung persentasi saya jadi yang paling terbaik di kelas

  26. Zamroni
    27 October 2012 at 1:44 AM

    Ijin sedot gan……
    oiya sekedar pencerahan buat riyan
    agar bisa berjalan dengan baik, semua file harus ikut di copy bukan powerpointnya saja tapi semua data yang sudah dimasukkan seperti video musik dll
    monngo di coba

  27. 7 December 2012 at 10:41 AM

    Sip, dados….
    makasih Gan.

  28. kuka
    13 December 2012 at 8:26 AM

    format file nya termasuk yg bisa di insert ko yaitu mpeg tp knp cannot insert movie gtu y ket.ny? haduuuuh

  29. ajiee
    9 January 2013 at 11:43 AM

    hanya ada kotak hitam.. dan cuma ada suaranya doang

  30. 8 March 2013 at 6:33 AM

    Thanks infonya ya :)

  31. Muhammad Afdal
    13 March 2013 at 1:56 PM

    BAGI VIDEONYA CUMA KOTAK HITAM DOANG BACA NEEH !!!
    GAN KALO DAPAT YANG KOTAK HITAM GANTI KONVERSI FILE NYA JGN ” AVI “TAPI WMF DIJAMIN BISA KOK GW BARUSAN BISA NIH :D

  32. Muhammad Afdal
    13 March 2013 at 2:03 PM

    ajiee :
    hanya ada kotak hitam.. dan cuma ada suaranya doang

    GANTI KONVERSI NYA JGN AVI TAPI WMF GAN :D

  33. Muhammad Afdal
    13 March 2013 at 2:19 PM

    http://free-flv-converter.en.softonic.com/download#downloading
    INI NIH LINK NYA FLV CONVERTER YANG GAK CORRUPT

  34. Tino
    5 May 2013 at 10:21 AM

    thanks

  35. 10 September 2013 at 8:23 AM

    terima kasih boss

  36. 8 November 2013 at 1:08 PM

    Nice! Thanks for the tips

  37. www
    10 November 2013 at 4:34 AM

    benar2 aku lah yang terpaok soal yang beginian,,, uda ada caradiatas masih aja gak nangkap otak ne

  38. Abdul Rokhim
    22 January 2014 at 3:31 PM

    nanya Gan, aku masukkan video ke PP tetapi setelah diputer video terputer cepat banget, Bagaimana mengubah agar kecepatannya normal?

  39. 26 February 2014 at 2:39 PM

    makasih ya ini membantu ujian praktekku

  40. 22 April 2014 at 2:49 AM

    kalo seperti itu kan kita harus mengcopy vidionya juga, nah disini yang mau saya tanyakan adalah, apakah ada cara untuk menambahkan vidio ke ppt namun jika ppt di copy ke komputer lain dan vidio tidak ikut di buka, apakah ada cara agar kita bisa melihat vidio di ppt yang telah di copy ke komputera lain?

  41. powerpoint
    27 May 2014 at 1:03 PM

    Ijin gan ikutan nyedot sebanyak2nya……. tak jamin tak habis….makasih,..!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

