Home > Widget Wordpress.com > Membuat Efek WP-Cumulus di WordPress.com

Membuat Efek WP-Cumulus di WordPress.com

Apakah anda sudah tahu apakah yang dinamakan WP-Cumulus. WP-Cumulus adalah salah satu Widget yang biasanya biasa di pasang di Blogspot ataupun WordPress yang berbayar, biasanya berbentuk tampilan flash yang menyerupai globe yang bisa berputar jika mouse kita overkan atau kita tempelkan pada objek tersebut, Contoh dari tampilan WP-Cumulus di WordPress.com…. (silakan dinikmati)


WP-Cumulus ini buatan Roy tanck berbentuk seperti awan atau langit, jika anda mempunyai blog di blogspot, atau wordpress yang berbayar, berbahagialah anda karena WP-Cumulus ini bisa di aplikasikan pada blog-blog tersebut, yang jadi masalah jika anda punya blog di WordPress.com yang gratisan (seperti saya) mungkin agak sedikit kecewa karena tidak bisa langsung dipakai dalam Widgetnya.

Setelah saya browsing dan cari-cari di Internet akhirnya saya temukan sebuah blog yang bagus miliknya mas Orid, sepintas saya lihat ada terdapat tampilan WP-Cumulus yang hampir-hampir saya tidak percaya ternyata bisa diaplikasikan di WordPress.com
(lega rasanya terima kasih mas Orid Atas Ilmunya, semoga dibalas Allah dan ditambahkan lagi ilmu-ilmunya supaya bermanfaat bagi orang lain).

Langsung saja saya jelaskan disini, memang kita tidak bisa langsung mengcopykan kodenya ke widget kita, tapi disini kita membutuhkan pihak ketiga yang bisa mensupport gambar kita tersebut, salah satunya adalah Picasa, Picasa adalah perangkat lunak pengeditan foto gratis dari Google yang membuat foto Anda tampak hebat, syaratnya anda harus punya akun google supaya bisa masuk dan mengupload foto anda ke Picasa.

Contoh tampilan dari Google Picasa seperti berikut ini :


Setelah masuk ke Picasa, silakan masukkan foto anda secukupnya, jika sudah klik salah satu foto kemudian tambahkan Caption dengan memasukkan URL alamat tujuan dari gambar yang dimaksud, ini berguna jika ada pengunjung yang masuk bisa langsung masuk menuju blog anda, misalnya seperti ini :


Setelah semua selesai, silakan masuk ke WP-admin WordPress anda tambahkan Widget Text, masukkan Kodenya disini

Pada huruf diatas yang tercetak merah harap diganti dengan RSS anda di Picasa, caranya dengan klik kanan Pada RSS, pilih Copy Link As. Kemudian Copykan ke kata yang tercetak merah di teks diatas, kemudian pilih Close. Proses selesai sekarang sudah ada tampilan Awan Cumulus di WordPress Anda.

  1. 24 May 2010 at 1:37 AM

    oh..
    WP Cumulus itu berbayar yah?
    kalo gitu ayo bayar.. bayar..
    heheheh…
    canda kok pak..
    saya sangat senang dengan adanya artikel ini, dengan demikian insyaAllah dapat membawa manfaat utk banyak orang.. :)

    ps:
    untuk tampilan widget animasi di pojok halaman WordPress,
    kemarin bisa kok pak, saya coba di blog saya (seneng nya liat spiderman naek turun di wordpress saya..),
    ntah kenapa skrg malahan ilang lagi.
    insyaAllah saya inform kalo sudah berhasil (lagi).. :D

  2. sadudin
    11 June 2010 at 9:35 AM

    mas minta kode widget garuda buat wordpress dong….

  3. 6 July 2010 at 5:18 PM

    halo mas.. makasih ya untuk infonya soal efek wp-cumulus ini. aku dah coba,mpe langkah ‘masukan kodenya disini’ aku bingung hehe.. maklum anak baru wkwk. mohon pencerahannya.

  4. Fausi
    18 October 2010 at 1:29 AM

    Mas ane minta cara masang Cumulus diatas di JSP(java servlet Page) donk….

  5. 22 October 2010 at 9:29 AM

    bos giman tuh code sript untuk transelet bahasa, tq

  6. 11 November 2010 at 8:45 AM

    keren banget mas…
    coba dulu ya…
    mantab

  7. 17 November 2010 at 8:01 AM

    Thanks artikelnya please comment back!!! http://andika007.wordpress.com

  8. 19 November 2010 at 7:05 AM

    sesudah di copy di bagaimanakan sob… Gue kurang ngerti

  9. 26 November 2010 at 3:24 AM

    Mnatbs bos!

  10. 7 December 2010 at 6:54 AM

    Mas Ayas,…thanks atas infonya, saya sedikit nanya kenapa wp-cumulus di laptop saya gak nampal/muncul-muncul ya, padahal semua proses sudah saya jalani,…pls konfirmasinya

  11. 10 December 2010 at 1:37 PM

    TOP….MARKOTOP :)

  12. 8 February 2011 at 10:48 AM

    bos klu wp di pakai di blog yg gratisan, itu gimana cara …
    maklum aja saya sukanya yg gratis2 aja .. hee hee hee

  13. shareevhidayat
    12 February 2011 at 12:11 AM

    liat aja di blog saya itu ada kok cara untuk membuat Wp-cumulus itu..

  14. 21 February 2011 at 1:26 PM

    ko gx muncul ya mas???uda saya coba tp gx muncul jg??ato harus d tnggu dlu??

  15. 13 April 2011 at 5:14 AM

    mas tolong bantuanya saya mau tarok menu page di wp-cumulus, g mn caranya punya coding nya gak

  16. 24 April 2011 at 9:49 AM

    “Pada huruf diatas yang tercetak merah harap diganti dengan RSS anda di Picasa, caranya dengan klik kanan Pada RSS, pilih Copy Link As. Kemudian Copykan ke kata yang tercetak merah di teks diatas, kemudian pilih Close. Proses selesai sekarang sudah ada tampilan Awan Cumulus di WordPress Anda.”

    Mas, mohon saya di jelaskan penjelasan yang di atas… saya masih bingung, karena jika saya save as linknya… maka akan muncul dialog save as : dengan nama file 5551297240598741281 (tanpa format) tadi saya coba tambahkan *.txt supaya nanti tersimpan ke text… namun saat saya buka filenya… textnya panjang sekali… dan sangat berbeda dengan yang ada di MSWORD link di atas…

    Mohon saya di bantu mas,,, karena saya masih pemula…

    Terima kasih Banyak…
    ADi

  17. 24 June 2011 at 8:02 AM

    kalo selain gambar bisa gag mas? kaya tag gitu

  18. 27 June 2011 at 3:37 PM

    Menuju TKP dulu gan, begitupun terimaksih banyak atas threadnya, salam kenal :)

  19. 27 June 2011 at 10:02 PM

    shareevhidayat :
    liat aja di blog saya itu ada kok cara untuk membuat Wp-cumulus itu..

    kok ga kebaca yah mas bro html/url yang didownload (Kodenya disini) dilabtob saya ga kebaca mas bro, mohon pencerahannya

  20. 14 September 2011 at 9:18 AM

    kurang jelas gan artikel nya…

  21. 16 September 2011 at 7:48 PM

    mksh pak gua temen lu di plpg kampung lumbung hadiyanto hehehehehe mat hari raya minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin amiennnnnnnnn

  22. 1 February 2012 at 8:58 AM

    Nice info gan. tetapi koq kesannya jadi terlempar dari fungsi wp-cumulus untuk memperindah tampilan tag atau label dengan floating tag atau floating label yang kalau di klik akan mendirect pembaca ke url artikel berdasarkan tag atau label. WP-Cumulus yang kami lihat disini lebih ke rotating/floating image gitu gan??
    Ada cara yang lebih terarah ga gan buat pengguna wp.com alias gratisan.
    salam

  23. 26 December 2012 at 6:04 AM

    siang mas nganteng. bisa gak diberikan contoh code htmlnya (gigya). aq buat koq rumit amat. Tolong dong. Thank’s sebelumnya

  24. 26 December 2012 at 6:21 AM

    gak usah dikirim mas nganteng,, aq dah bisa. thank’s ya atas infonya.. he he he
    lam kenal selalu

  25. 8 March 2013 at 6:34 AM

    Mantap banget ya :)

  26. 14 April 2013 at 11:12 AM

    saya mentok pada mencari link RSS. mohon pencerahannya gimana dpatkan RRS itu. kq tidak ada sperti di petunjuk diatas ya. mksh sebelumnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

