Home > Blog, MS-Office, Tips Dan Trick > Membuat DropCap di Blog

Membuat DropCap di Blog

ada suatu saat saya itu ingin menghias blog supaya kelihatan bagus, tapi saya berfikir gimana ya caranya… setelah browsing sekian lama akhirnya saya dapat ide untuk mempercantik blok dengan cara membuat DropCap pada awal tulisan di Blog.

Dari pengalaman browsing tersebut akhirnya ketemu juga yang dicari, yaitu cara membuat Dropcap di blog, setelah saya pelajari akhirnya saya putuskan tidak mencoba hasil temuan saya tersebut, dikarenakan untuk membuat DropCap harus menambah / mengedit HTML, karena kebanyakan orang menganggap bahasa HTML masih sulit dimengerti, seperti saya he he… untuk itu saya mencoba mencari alternatif supaya kita sedikit sekali berhubungan dengan bahasa yang satu ini.

ropCap, ada yang tahu Dropcap !! seperti pak guru saja…. DropCap adalah penggunaan awalan huruf dengan ukuran yang berbeda dengan huruf selanjutnya, seperti yang anda lihat pada blog saya ini.

Membuat DropCap pada dasarnya sama kalau kita membuat di MS-Word pada umumnya, caranya adalah Merubah huruf Dropcap tersebut menjadi gambar. Ini seperti penjelasan saya pada waktu lalu tentang cara menangkap atau mengcapture gambar dari desktop. OK langsung aja cara membuatnya adalah :

  1. Siapkan dulu huruf yang akan dibuat DropCap, misal di Word


    Pilih jenis dan ukuran huruf sesuai keinginan anda.

  2. Tekan PrintScreen, kemudian paste di Paint

    Pilih untuk memilih atau mengcrop gambar seperti


  3. Selanjutnya tinggal anda klik kanan, copy dan paste di blog anda, atur gambar dan teks supaya bisa sejajar antara tinggi Dropcap dengan tulisan pada baris pertama, kedua dan selanjutnya.
  4. Hasilnya seperti pada paragraf ketiga diatas.


OK, Gampang kan kalau menurut saya tidak perlu menggunakan bahasa HTML, karena dengan cara yang sangat sederhana ini kita bisa membuat tampilan blog kita semakin ciamik saja.

  1. 24 December 2009 at 8:39 AM

    ooo…
    jadi gambar yang dipake, tapi bener juga … gak berhubungan dengan kode html dan sejenisnya yang buat ruwet.
    tapi masak harus capture untuk buat dropcap terus???

    trims infonya

  2. shareevhidayat
    30 December 2009 at 2:20 PM

    Iya mas pake gambar, tp kelemahannya background pada blog harus putih jadi supaya samar tidak terlihat background dropcapnya, iya caranya harus capture gambar, tp kan gampang mas cara untuk capture gambarnya itu dah pernah kok saya tulis di blog.

  3. 4 July 2010 at 5:46 PM

    Kirain pake script om!
    Tapi mantep jg idenya nih!

  4. 3 August 2012 at 10:03 PM

    ow jadi ini main gambar yah mas

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

